Manfaat Puasa Ramadhan bagi Kesehatan

shares |

Manfaat puasa Ramadhan untuk kesehatan memang sangat luar biasa. Selain bernilai ibadah, puasa yang dilakukan pada bulan Ramadhan juga mampu meningkatkan kesehatan tubuh. Sebab pada bulan puasa, pola makan kita menjadi lebih teratur sehingga tubuh pun akan terhindar dari berbagai penyakit yang mungkin menyerang.

Puasa juga sering dikaitkan dengan detoksifikasi tubuh. Terlebih jika dilakukan selama satu bulan penuh, tentu manfaatnya akan sangat baik bagi kesehatan. Racun-racun yang ada di dalam tubuh kita bisa dikeluarkan dengan melakukan Ibadah yang istimewa ini. Oleh karena itu, marilah kita simak beberapa manfaat puasa yang sangat luar biasa ini.
Manfaat puasa

Meningkatkan kekebalan tubuh

Puasa yang dilakukan satu bulan penuh pada bulan Ramadhan bisa menjadikan tubuh lebih kebal. Tubuh akan mengeluarkan racun dan menghilangkan lemak yang tak berguna dari dalam tubuh. Ketika berpuasa, limfosit di dalam tubuh akan meningkat 10 kali lipat. Jadi tubuh akan terhindar dari serangan virus dan penyakit.

Menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh

Menurut penelitian yang telah dilakukan, puasa juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh. Resiko penyakit jantung dan stroke akan menurun jika kadar kolesterol di tubuh turun dan stabil. Apalagi untuk mereka yang menjalani perilaku diet sehat, dengan berpuasa, kolesterol di tubuh menjadi lebih mudah turun.

Membuat otak lebih cerdas

Puasa juga bisa membuat otak jadi lebih cerdas. Manfaat puasa Ramadhan ini memang cukup baik untuk meningkatkan daya pikir pada otak. Saat berpuasa, neurotropik yang ditrunkan dari otak jadi lebih meningkat. Jadi produksi sel otak akan lebih banyak dan meningkatkan kecerdasan kita.

Menurunkan berat badan

Puasa memang bisa menurunkan berat badan turun. Namun sebaiknya niatilah puasa di bulan Ramadhan ini sebagai ibadah, bukan diet. Adapan berat badan yang turun akibat berpuasa ini hanyalah sebagai bonus atas ibadah yang telah kita lakukan.

Mencegah penyakit diabetes

Puasa juga akan menghindarkan kita dari penyakit berbahaya seperti diabetes. Penyakit diabetes dipicu oleh adanya kadar gula yang amat tinggi di dalam tubuh. Dengan berpuasa, maka kadar gula akan lebih terkontrol sehingga kemungkinan terkena penyakit diabetes juga bisa diminimalisir.


Menyerap banyak nutrisi

Manfaat puasa Ramadhan untuk kesehatan juga bisa bantu tubuh untuk menyerap lebih banyak nutrisi. Ketika puasa perut akan jadi kosong selama seharian, jadi sistem metabolisme tubuh juga akan berjalan lebih efisien. Makanan yang kita konsumsi akan terserap nutrisinya dengan baik oleh tubuh jika kita berpuasa seharian.

Menurunkan darah tinggi

Selain mencegah diabetes, puasa juga bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Puasa akan mengurangi resiko aterosklerosis yaitu berupa penyumbatan arteri oleh partikel lemak yang bisa meningkatkan tekanan darah. Jadi dengan berpuasa, resiko terkena tekanan darah tinggi juga bisa dicegah.
Begitu luar biasa manfaat puasa Ramadhan untuk kesehatan. Semoga kita bisa melewatinya selama satu bulan penuh.

Related Posts