Manfaat Minum Air Putih saat Buka Puasa

shares |

Banyak sekali manfaat minum air putih saat buka puasa. Selain menghilangkan rasa haus dan dahaga, air putih juga diperlukan tubuh untuk proses metabolisme. Setelah puasa selama seharian, maka cairan tubuh menjadi berkurang. Oleh karena itu kita dituntut harus banyak minum untuk mencukupi kebutuhan cairan tersebut.

Bukan hanya saat berbuka, minum air putih juga sebaiknya diminum secara berkala sejak buka hingga akhir sahur. Jadi tubuh akan tetap bugar dan fit pada siang hari meskipun tidak makan dan minum.
manfaat air putih, air putih untuk buka puasa

Manfaat air putih

Dapat meningkatkan kemampuan otak
Menurut penelitian yang telah dilakukan, minum air putih secara rutin akan membuat seseorang lebih mudah berpikir dan mengambil tindakan. Berdasarkan penelitian tersebut, para peserta yang minum air putih sebelum melakukan serangkaian tugas kognitif memiliki reaksi lebih cepat dibanding mereka yang tidak minum air putih sebelumnya.

Cairan tubuh jadi seimbang
Air putih yang kita konsumsi sangat bermanfaat bagi tubuh. Dengan banyak minum air putih, cairan yang ada di dalam tubuh akan jadi lebih seimbang. Kebutuhan akan air putih ini harus dipenuhi karena mengingat lebih dari separuh dai bagian tubuh manusia merupakan cairan. Konsumsi air putih yang cukup juga akan melindungi organ tubuh penting, melancarkan sistem pencernaan dan akan menjaga suhu tubuh tetap stabil.

Mengontrol berat badan
Manfaat minum air putih saat buka puasa juga akan menjaga berat badan tetap ideal. Tidak semua rasa lapar yang kita rasakan adalah rasa lapar sebenarnya. Terkadang tubuh menganggap sinyal haus juga ditanggapi sama seperti rasa lapar. Oleh karena itu, banyak orang yang makan meskipun sebenarnya hanya butuh minum. Saat perut merasa lapar, ambil saja satu gelas air putih dan minumlah. Jika rasa lapar hilang, berarti Anda hanya butuh minum. Namun jika Anda masih merasa lapar, berarti Anda memang benar-benar sedang merasa lapar. Tips ini dapat mengurangi kelebihan berat badan karena tidak membuat Anda makan berlebihan.

Menurunkan resiko serangan jantung
Serangan jantung merupakan penyakit berbahaya yang bisa dicegah dengan banyak minum air putih. Air putih yang diminum dapat membuat jantung tetap sehat. Jadi kerja jantung memompa darah ke seluruh bagian tubuh bisa tetap lancar.

Manfaat minum air putih saat buka puasa memang sangat penting. Oleh karena itu, saran dari tipsehat.info kita harus mencukupi kebutuhan tubuh akan cairan selama berpuasa.

Related Posts