Jenis Makanan Berat yang Bagus dikonsumsi Saat Berbuka Puasa

shares |

Makanan berbuka puasa yang sehat sangatlah penting. Sebab ketika puasa, tubuh tidak mendapat asupan makanan selama seharian. Oleh karena itu, ketika berbuka, tubuh membutuhkan asupan ekstra agar energi bisa kembali. Yang dimaksud di sini bukan jumlah makanan yang kita konsumsi. Tetapi nilai gizi dari makanan tersebut.

Puasa pada bulan Ramadhan satu bulan penuh merupakan tantangan tersendiri. Setelah seharian perut kosong, tentu saat berbuka Anda mendambakan makanan yang lezat dan penuh selera. Akan tetapi harus dipastikan makanan yang Anda konsumsi baik untuk kesehatan dan tidak mengganggu puasa itu sendiri. Jika hanya mengonsumsi makanan asal enak tetapi tidak sehat, maka kondisi kesehatan tubuh bisa saja menurun yang justru akan mengganggu ibadah puasa.

Jika makanan yang dikonsumsi tidak bisa menjaga kondisi tubuh, maka Anda malah bisa terserang penyakit pada bulan puasa. Penyakit seperti maag, anemia, sembelit maupun sakit kepala merupakan beberapa jenis penyakit yang kerap menyerang saat puasa. Oleh karena itu, Anda harus mencegahnya dengan konsumsi makanan yang sehat.
oat makanan sehat untuk berbuka puasa

Makanan berbuka puasa yang sehat :

Beras merah

Meskipun sama-sama beras, namun beras merah dan beras putih memiliki kandungan nutrisi yang berbeda. Nasi merah memiliki kandungan serat yang lebih tinggi jika dibanding beras putih. Akan tetapi kandungan gula yang ada pada beras merah justru lebih rendah. Makan dengan nasi dari beras merah akan membuat perut kenyang lebih lama namun tidak akan membuat gula darah menjadi naik drastis. Nasi dari beras merah sangat baik dikonsumsi pada saat sahur maupun berbuka puasa.

Oat

Oat merupakan sumber karbohidrat yang bisa menjadi pengganti nasi. Anda bisa membuat oat yang dicampur potongan buah untuk buka puasa. Oat memiliki kandungan serat tinggi sehingga sangat mudah dicerna yang baik untuk berbuka puasa.

Sayuran hijau

Anda membutuhkan asupan serat dan vitamin dari sayuran segar berdaun hijau. Jenis sayuran ini sangat mudah dicerna tubuh sehingga tidak akan membuat organ pencernaan bekerja keras setelah seharian beristirahat. Akan tetapi perhatikan saat memasak sayuran agar kandungan vitamin yang ada tidak hilang. Sayuran hijau tidak boleh dimasak terlalu matang karena bisa menghilangkan kandungan gizi yang ada.

Buah-buahan

Buah segar juga merupakan makan yang sangat nikmat dan sehat untuk berbuka. Vitamin yang terdapat pada buah cukup bermanfaat dikonsumsi ketika berbuka. Anda juga bisa mengonsumsi buah terlebih dulu sebelum mengonsumsi makanan berat, jadi sistem pencernaan akan bisa menyesuaikan diri.

Kacang-kacangan

Karena kandungan proteinnya yang tinggi, kacang-kacangan juga cukup sehat untuk dikonsumsi, terlebih ketika berbuka. Contoh kacang yang bisa dikonsumsi antara lain kacang tanah, kacang hijau dan buncis. Kacang juga bisa diolah menjadi berbagai makanan yang nikmat.

Makanan berbuka puasa yang sehat di atas bisa menjadi inspirasi Anda untuk memilih menu berbuka. Semoga bermanfaat dan puasa Anda selalu lancar.

Related Posts