Bahaya Langsung Tidur Setelah Makan Sahur

shares |

Saat sahur merupakan tantangan tersendiri bagi yang berpuasa. Sebab pada waktu masih ngantuk, kita harus bangun untuk makan sahur. Rasa malas tentu membuat suasana sahur menjadi tidak menyenangkan. Biasanya jika orang makan sahur masih ngantuk, maka akan kembali tidur setelah makan. Padahal bahaya tidur setelah makan sahur bisa sangat berisiko.

Mulai sekarang, persiapkan waktu sahur Anda dengan baik. Jangan sampai bermalas-malasan ketika sahur. Semangatlah karena Ibadah puasa yang kita jalani bisa membawa banyak manfaat. Memang tidur setelah sahur bukanlah hal yang haram. Akan tetapi jika ditinjau dari sisi kesehatan, hal ini bisa sangat terlarang. Dampak buruk tidur setelah sahur bisa saja mengancam kesehatan. Oleh karena itu, hindari tidur setelah Anda makan sahur.

bahaya sahur langsung tidur

Apa saja dampak yang bisa ditimbulkan jika makan sahur langsung tidur? Berikut penjelasan lengkapnya.

Heartburn
Ini merupakan gejala yang bisa dirasakan jika Anda tidur setelah sahur. Heartburn merupakan sensasi seperti terbakar yang terjadi pada ulu hati hingga kerongkongan yang terjadi karena refluks asam lambung. Sistem pencernaan akan bekerja sangat keras jika kita langsung berbaring setelah makan. Hal ini memicu resiko refluks asam lambung yang dapat naik dari lambung hingga sampai ke kerongkongan. Biasanya, orang yang tidur setelah sahur juga kurang nyenyak sehingga menyebabkan mimpi buruk.

Memicu stroke
Hal ini memang benar, bahaya tidur setelah makan sahur juga dapat menyebabkan stroke. Penelitian mengungkap bahwa tidur sesaat setelah makan akan memicu apnea tidur yang berhubungan dengan penyakit stroke. Penelitian lain juga mengatakan, tidur setelah sahur akan mengacaukan sistem pencernaan dan mempengaruhi kinerja tekanan darah yang dapat memicu stroke.

Menyebabkan obesitas
Kebiasaan tidur setelah makan memang menyebabkan berat badan naik, bahkan meskipun Anda sedang berpuasa. Sebab kalori yang kita makan tidak bisa terbakar sehingga memicu tumpukkan lemak di dalam tubuh. Dengan berat badan yang berlebihan, segala penyakit berbahaya bisa dengan mudah menjangkiti tubuh Anda.

Refluks asam
Refluks asam terjadi saat katup perut dan esofagus tidak tertutup sempurna. Hal ini bisa terjadi ketika tubuh berbaring dengan kondisi perut penuh makanan. Jadi asam lambung akan naik ke tenggorokan dan bisa berbahaya, terlebih bagi penderita maag.

Bahaya tidur setelah makan sahur memang tidak bisa disepelekan. Oleh karena itu, saran dari tipsehat.info hindari langsung tidur setelah makan.

Related Posts