Tips Sehat Meminum Teh Hitam Setiap Hari

shares |

Keempat varietas teh (hitam, hijau, oolong, putih) yang dibuat dari daun tanaman Camellia sinensis, namun teh hitam umumnya memiliki lebih banyak rasa dan kafein dari yang lain. Dalam produksi teh hitam, daun pertama tersebar di rak dan ditiup dengan udara untuk mengurangi kelembabannya dan membuat mereka lentur. Kemudian digulung untuk memecah dinding sel dan melepaskan gula yang diperlukan untuk fermentasi. Simpan dalam lingkungan yang sangat lembab, yang membuat daun gelap dan mengembangkan rasa teh hitam yang kuat. Akhirnya, daun dikeringkan.


5 Manfaat Kesehatan Teh Hitam

1. Kesehatan Kardiovaskular

Teh hitam kaya akan antioksidan misalnya flavonoid yang dapat mencegah oksidasi dari kolesterol LDL, menurunkan risiko penyakit jantung , mencegah kerusakan pada dinding arteri dan di kedua aliran darah. Selain itu flavonoid dari teh hitam mampu meningkatkan vasodilatasi koroner baik dan mengurangi pembekuan. Polypehnols teh hitam juga merupakan antioksidan yang kuat dan kandungan mangan didalam teh hitam dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung koroner dengan membantu memperkuat otot jantung.

2. Pencegahan Kanker

Polifenol yang ada pada teh hitam dapat mencegah terjadinya pembentukan karsinogen potensial yang menjadi penyebab kanker dalam tubuh, terutama untuk beberapa jenis kanker, seperti kanker paru-paru, prostat, kandung kemih, ovarium dan kanker kolorektal. Teh hitam dapat mencegah kanker usus, prostat dan kanker payudara. The hitam mengandung senyawa yang dapat menyebabkan sel kanker masuk ke apoptosis yaitu kematian sel secara terprogram, sementara sel-sel yang normal tetap tidak terpengaruh..

3. Kulit dan Kesehatan Rambut

Antioksidan dalam teh hitam dapat membantu menjaga kulit dari jerawat.

4. Tulang dan Jaringan ikat

Studi menunjukkan bahwa tulang-tulang peminum teh lebih kuat dibandingkan non-peminum the itu karena efek phytochemical yang terdapat dalam teh hitam.


5. Saluran Pencernaan Kesehatan

Tanin dalam teh memiliki efek terapi pada penyakit lambung dan usus dan membantu pencernaan. Tanin mengurangi aktivitas usus dan latihan efek antidiare. Polifenol dalam teh hitam telah terbukti memiliki efek menyembuhkan pada peradangan usus.

Selain tips sehat diatas, ada beberapa manfaat kesehatan yang lain dari meminum teh hitam. Tapi untuk saat ini cukup 5 manfaat ini yang perlu anda ketahui. Minum teh hitam setiap hari dapat memberi efek tenang serta menyehatkan.

Related Posts