Cara Agar Kuat Puasa Saat Tidak Sahur

shares |

Bagaimana cara agar kuat puasa saat tidak sahur? Mungkin pertanyaan ini terlintas di benak mereka yang sempat tertidur pada waktu sahur. Tidak sahur memang tidak akan menghalangi puasa, asalkan sudah diniati tentu puasa juga bisa dilakukan meskipun tidak makan sahur. Akan tetapi, makan sahur merupakan sesuatu yang disunnahkan dan bisa membawa banyak manfaat.

Biasanya, kendala orang berpuasa yang tidak makan sahur yaitu merasa lapar dan lemas karena kehabisan energi tubuh. Tapi hal tersebut bukanlah halangan untuk berpuasa asalkan Anda sudah punya tekad yang kuat. tipsehat.info merangkum cara agar kuat puasa saat tidak sahur bisa dilakukan dengan trik-trik sederhana. Apa saja caranya? Inilah ulasan lengkapnya.
Cara kuat puasa saat tidak sahur
Cara agar kuat puasa saat tidak sahur

Kuatkan niat dalam hati

Hal ini tentu sangat penting mengingat puasa adalah berawal dari niat. Terlebih bagi orang yang tidak sempat makan sahur, tentu harus lebih menguatkan niatnya karena akan ada banyak tantangan yang mungkin saja bisa menjadi godaan. Puasa hukumnya adalah wajib, jadi meskipun tidak makan sahur Anda tetap harus mengakhirkan puasa sampai tiba saatnya berbuka. Bulatkan tekad bahwa Anda sanggup berpuasa sampai tiba waktu buka. Hal ini memiliki efek yang sangat kuat karena bisa membantu pikiran agar lebih positif tentang puasa itu sendiri. Meskipun akan banyak godaan yang datang, namun dengan tekan kuat pasti akan bisa menjalankan puasa sampai penuh.

Mencari kesibukan dan kegiatan bermanfaat

Cara agar kuat puasa saat tidak sahur juga bisa dilakukan dengan menyibukkan diri. Jangan biarkan waktu berlalu tanpa melakukan suatu hal apapun. Sebab jika Anda hanya bermalas-malasan sambil duduk atau tiduran pasti rasa lapar akan datang dan mendera. Alihkan perhatian Anda dengan kegiatan yang positif dan bermanfaat seperti melakukan hobi, memasak atau berkebun. Anda juga bisa melakukan beberapa pekerjaan rumah ringan lain yang bisa membuat Anda sibuk.


Tunda pekerjaan yang berat

Jika pada hari itu Anda ada jadwal pekerjaan yang cukup menguras tenaga, jika masih bisa sebaiknya ditunda untuk esok hari. Kondisi puasa tanpa sahur tentu akan membuat tubuh lemas, jika Anda memaksakan diri untuk melakukan pekerjaan berat bisa jadi Anda akan kehabisan energi. Namun jika pekerjaan tersebut tidak bisa ditunda, lakukanlah dengan memprediksi kemampuan.

Ingat manfaatnya

Puasa tanpa makan sahur tentu akan banyak godaan. Tapi dengan mengingat manfaat puasa yang begitu luar biasa, tentu Anda akan lebih bersemangat menjalaninya.
Itulah beberapa tips cara agar kuat puasa saat tidak sahur. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda.

Related Posts