Selayang Pandang tentang Asuransi Kesehatan

shares |

Secara etimologi, asuransi berasal dari kata insurance yang berarti pertanggungan. Dalam dunia asuransi mengenal istilah tertanggung dan penanggung. Siapa yang dimaksud dengan tertanggung dan penanggung tersebut? Pada dasarnya, tertanggung adalah nasabah atau masyarakat yang melimpahkan resiko tentang apa yang diasuransikannya kepada suatau perusahaan asuransi. Sementara itu, penaggung adalah perusahaan atau pihak yang dilimpahkan resiko oleh nasabah. Jadi secara umum yang dimaksyud dengan asuransi adalah sistem pengendalian atau pengaliahn resiko tentang segala sesuatu yang diasuransikan kepada pihak perusahaan asuransi.

Selayang Pandang tentang Asuransi Kesehatan
Asuransi untuk kesehatan

Jenis-jenis asuransi

Apabila dilihat dari jenisnya, asuransi memiliki beberapa jenis, diantaranya adalah asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi pendidikan, asuransi pensiun, asuransi rumah, asuransi mobil, dan lain sebagainya. Jenis asuransi yang akan dikedepankan dalam postingan ini adalah asuransi kesehatan. Apa itu asuransi kesehatan? Asuransi kesehatan merupakan salah satu jenis asuransi yang khusus bergerak dalam maslah jaminan kesehatan. Artinya, jika kita mengasuransikan kesehatan kita kepada pihak asuransi, maka segala resiko yang disebabkan oleh maslah kesehatan akan ditanggulangi oleh perusahaan asuransi yang dimaksud.

Tujuan asuransi kesehatan

Asuransi kesehatan bertujuan untuk melindungi resiko dari hal-hal yang tidak diinginkan dan berkaitan secara langsung dengan masalah kesehatan seperti jatuh sakit atau bahkan si nasabah asuransi mengalami kecelakaan yang diakibatkan oleh kecelakaan lalu lintas atau yang lainnya. Perusahaan asuransi akan menjamin biaya yang harus dikeluarkan oleh sang nasabah yang sedang mengalami gangguan kesehatan tersebut dlam bentuk seperti biaya rawat inap ataupun biaya rawat jalan.

Badan hukum

Negara pun telah menjamin tentang keberadaan asuransi, termasuk asuransi kesehatan yaitu dengan menerbitkan badan hukum Undang-Undang No.2 Tahun 1992. Dengan adanya badan hukum tersebut, maka secara otomatis asuransi memang telah dilindungi dan dilegalkan oleh Negara. Namun tidak semua perusahaan asuransi mempunyai legalitas yang kuat sehingga anda harus berhati-hati dalam menentukan perusahaan asuransi yang tepat dan aman.

Polis asuransi kesehatan

Dalam asuransi kesehatan, hak dan keawijab dari kedua belah pihak atau tertanggung dan penanggung memang dituangkan dalam bentuk pelaturan yang jelas yaitu polis asuransi. Selain itu, polis asuransi juga menangani masalah syarat-syarat perjanjian asuransi antara kedua belah pihak sehingga keduanya tidak akan merasa dirugikan. Oleh karena itu, membaca dan memahami terlebih dahulu terhadap polis yang diberlakukan di suatau perusahaan asuransi merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan supaya kita tidak terjebak dengan pelaturan yang tidak jelas bahkan cenderung memberatkan salah satu pihak.

Premi asuransi kesehatan
Selanjutnya, perjanjian antara kedua belah pihak tersebut dalam istilah asuransi disebut dengan kebijakan yang mana akan menjelaskan tentang apa dan siapa saja yang akan dilindungi. Selain itu, akan dibahas juga tentang premi yang harus dibayarkan oleh tertanggung kepada pihak penaggung (perusahaan asuransi) sesuai dengan kesepakatan. Hal ini tentunya akan berlaku bagi setiap jenis asuransi termasuk asuransi kesehatan. Itulah sekilas pandang tentang asuransi kesehatan.

Related Posts