Manfaat Super Buah Melon Untuk Kesehatan

shares |

Melon mempunyai nama latin Cucumis melo dan termasuk ke dalam keluarga tanaman Cucurbitaceae. Buah ini masih mempunyai ikatan family dengan buah blewah dan semangka atau termasuk ke dalam labu-labuan. Melon masuk ke pasar Indonesia sejak tahun 70-an dan langsung dianggap sebagai buah mewah atau buahnya orang kaya karena kisaran harga yang mahal dan ketersediannya yang terbilang langka. Saat ini, buah melon sudah dibudidayakan secara luas di Indonesia sehingga semua lapisan masyarakat sudah dapat menikmati buah ini dengan kisaran harga yang lebih terjangkau. Buah melon banyak digemari karena rasa yang manis, menyegarkan dan menyehatkan. Selain dapat dimakan secara langsung, buah ini sering dijadikan bahan campuran dalam berbagai minuman seperti cocktail dan jus. Dibalik kesegarannya, melon ternyata kaya akan kandungan nutrisi yang berkhasiat untuk kesehatan. 

manfaat buah melon untuk kesehatan
Buah melon

Berikut ini beberapa manfaat buah melon untuk kesehatan

Memperlambat proses penuaan dini

Buah melon mengandung zat kolagen yang sering sekali digunakan untuk mengurangi dampak penuaan dini (anti-aging). Selain untuk mencegah dan memperlambat proses penuaan, zat kolagen juga sangat berkhasiat untuk mempercepat proses penyembuhan luka ringan maupun luka berat.

Mendukung Program Diet

Kandungan air yang banyak pada buah melon dapat memberikan efek menyegarkan dan juga membantu mengatasi panas dalam dengan efektif. Buah melon mengandung kalori yang sangat rendah dan bebas dari lemak serta kolesterol sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi ketika menjalani program diet. Selain itu, buah melon diyakini mampu menurunkan berat badan dan mengecilkan perut buncit.

Mencegah Sel Kanker

Buah melon mempunyai kandungan yang sangat ampuh untuk menangkal sel kanker. Kandungan pencegah kanker dalam buah melon adalah zat karotenoid. Pada umumnya zat karotenoid ini adalah sejenis pigmen yang akan memberikan warna pada buah-buahan ataupun sayuran. Kandungan karotenoid yang tinggi pada buah melon bisa mencegah berbagai jenis kanker seperti kanker payudara dana kanker paru-paru.

Mencegah Serangan Jantung

Kandungan adenosine yang tinggi pada buah melon mampu mengatasi proses penggumpalan sel darah. Sel darah yang menggunpal bisa memicu serangan jantung dan penyakit stroke. Kandungan adenosine dapat memperlancar sistem peredaran sel-sel darah merah sehingga nantinya akan memperkecil resiko penyakit stroke dan serangan jantung.

Menjaga Kesehatan Mata

Buah melon banyak mengandung senyawa beta-karoten yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan ketajaman serta menjaga kesehatan mata. Kandungan beta-karoten diubah menjadi vitamin A oleh tubuh dan kemudian digunakan untuk memperbaiki fungsi dari organ mata.

Mencegah Impotensi

Hasil penelitian menunjukkan bahwa buah melon mengandung senyawa asam amino citrulline yang bisa memproduksi arginine. Arginine ini sangat berkhasiat untuk meningkatkan sistem aliran darah terutama aliran darah menuju organ reproduksi pria. Arginine akan memperlebar pembuluh darah (arteri) sehingga aliran darah yang menuju organ reproduksi menjadi lebih lancar dan bisa terhindar dari impotensi atau disfungsi ereksi.

Related Posts