6 Manfaat dan Khasiat Super Buah Delima bagi Kesehatan

shares |

Buah delima dalam bahasa inggris pomegranate adalah buah yang termasuk dalam keluarga tanaman Punicaceae. Tanaman buah ini asalnya dari kawasan timur tengah dan bisa tumbuh pada ketinggian sekitar 1000 meter dari permukaan laut (mdpl). Selain untuk dimakan buahnya, delima seringkali ditanam pada pekarangan rumah untuk dijadikan sebagai tanaman hias. Buah delima mempunyai banyak sekali khasiat bagi kesehatan. Kandungan utama dari buah delima diantaranya adalah granatin, alkaloid pelletierene, betulic acid, isoquercitrin, ursolic acid, elligatanin, triterpenoid, resin, pati dan kalsium oksalat. Bagi mereka yang memang suka mengkonsumsi jus delima, maka dalam segelas jus tersebut mengandung asam malat, asam sitrat, fruktosa, glukosa, maltose dan vitamin C. Berikut ini beberapa manfaat buah delima untuk mengatasi berbagai penyakit.

buah delima, manfaat buah delima
Manfaat delima

Khasiat buah Delima bagi Kesehatan

Sering buang air kecil

Untuk mengatasi sering kencing, siapkan 1 buah delima yang isinya masih segar dan sudah matang, 1 genggam kucai dan keduanya dipotong-potong seperlunya. Rebus kedua bahan tadi dengan 3 gelas air putih hingga tersisa separuhnya. Kemudian angkat dan dinginkan beberapa saat. Minumlah air rebusan tersebut 2 kali sehari dengan porsi masing-masing 3/4 gelas.

Sariawan

Delima juga sangat ampuh sebagai obat sariawan. Caranya dengan menyiapkan 2 buah delima segar yang sudah matang dan ambillah isi dan bijinya kemudian ditumbuk hingga halus. Tambahkan 1 gelas air sembari diaduk sampai merata lalu saringlah air tersebut. Gunakan air ini untuk berkumur-kumur dan kemudian telan. Lakukan 2 sampai 3 kali dalam sehari secara tertaur sampai sariawan benar-benar sembuh.

Batuk

Buah delima berkhasiat untuk mengatasi batuk yang sudah berlangsung lama. Caranya dengan mengqmbil 1 buah delima yang belum terlalu masak matang. Tiap malam sebelum pergi tidur, kunyahlah biji buah delima tersebut selama beberapa saat dan kemudian buanglah bijinya.

Tenggorokan kering dan Suara Serak

Untuk mengatasi suara serak serta tenggorokan yang kering, ambillah 1 buah delima segar, belah buahnya dan kemudian ambil isinya. Kunyahlah isi buah delima lalu buang bijinya. Lakukan 2 sampai 3 kali sehari secara rutin.

Cacingan

Untuk dijadikan sebagai obat cacingan alami, campurlah jus delima dengan jus wortel dengan porsi masing-masing sebanyak setengah gelas. Aduklah kedua jus sampai merata lalu minum sekaligus. Selain itu, jus delima baik juga digunakan berkumur-kumur untuk mengobati sariawan, gigi berlubang, radang gusi atau obat kompres untuk wasir yang meradang.

Mengatasi Keputihan

Bagi perempuan yang mengalami keputihan, delima bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan keputihan saat hamil secara alami dan tanpa efek samping. Caranya dengan merebus kulit delima yang kering sebanyak 30 gram dan herba sambiloto kering sebanyak 15 gram dengan 1 liter air bersih. Diamkan hingga air rebusan tersisa separuhnya. Setelah dingin, saringlah air rebusan tadi dan bagi untuk 3 kali minum di pagi, siang dan malam.

Related Posts