Manfaat dan Khasiat Buah Pepaya

shares |

Manfaat dan Khasiat Buah Pepaya - Pepaya merupakan buah yang berasal dari Meksiko selatan. Buah pepaya dikenal sangat mudah tumbuh di daerah tropis seperti di wilayah Indonesia. Bagi mereka yang tinggal di daerah cukup sejuk pun bisa dengan mudah menanam pepaya sendiri. Pepaya banyak disukai karena rasanya yang manis dan berkhasiat untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan. Buah ini bisa dijadikan sebagai pelancar buang air besar karena tekstur dagingnya yang lembut sehingga akan sangat mudah dicerna oleh tubuh. Namun, bijinya yang banyak dan berwarna hitam kadang-kadang membuat orang enggan untuk memakan buah ini. Berikut ini adalah beberapa manfaat pepaya untuk menanggulangi berbagai gangguan kesehatan.

manfaat pepaya, khasiat pepaya
Buah pepaya

Manfaat buah pepaya untuk pengobatan

selain buah yang rasanya enak, pepaya juga sngat bermanfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit

Obat Demam dan Malaria

Caranya adalah dengan menumbuk daun pepaya muda hingga terisi sampai 1/2 gelas. Kemudian tuangkan air sekitar 3/4 gelas dan beri garam secukupnya. Peras dan saring airnya lalu minum 3 kali dalam sehari. Minum racikan ini secara rutin selama lima hari berturut-turut.

Susah Buang Air Besar Akibat Makan Jengkol

Tips sehat telah merangkum caranya yaitu dengan menyediakan 1/2 tangkai daun pepaya, 6 tangkai daun singkong dan 10 lembar daun kacang panjang. Cuci hingga bersih semua bahan-bahan tersebut kemudian tumbuklah sampai halus. Tambahkan 1/2 gelas air masak lalu remas dan tambahkan 1 sendok makan madu murni. Peras dan saring airnya lalu minum sebanyak 1 - 2 kali setiap hari.

Menghilangkan Racun/Bisa Ular

Gigitan dari ular berbisa tentunya sangat membahayakan bila tidak segera disembuhkan. Buah pepaya dapat menyembuhkan luka berkas gigitan ular dengan efektif. Persiapkan 5 akar pepaya yang sudah dicuci bersih lalu tumbuk sampai halus. Tempelkan tumbukan akar pepaya tadi pada area kulit yang tergigit ular dan balutlah dengan kain. Ganti kain balutan tersebut tiap 2 kali sehari.

Mengatasi Sembelit, Maag dan Sariawan

Dengan memakan buah pepaya yang matang sebanyak 3 kali dalam sehari maka disinyalir bisa mengatasi keluhan sembelit dan maag. Konsumi buah papaya hingga gangguan-gangguan kesehatan tersebut mendingan atau pulih sepenuhnya. Buah pepaya mengandung banyak sekali vitamin C yang berkhasiat untuk meredakan gejala sariawan karena kurangnya vitamin C.

Menyembuhkan Kulit Melepuh

Kulit yang terbakar dan melepuh dapat disembuhkan dengan bantuan getah buah pepaya. Caranya adalah kulit buah papaya diparut dan getah yang keluar langsung dimasukkan ke dalam wadah/mangkuk. Selanjutnya, oleskan getah pada area sekitar kulit yang terbakar atau melepuh. Setelah itu, diamkan selama 1 malam. Jika kulit yang melepuh ukurannya cukup lebar, maka bisa mengggunakan daging buah papaya. Daging buah tersebut ditumbuk halus terlebih dulu dan kemudian tempelkan pada kulit yang melepuh. Diamkan selama 1 malam dan kemudian bersihkan ketika pagi hari. Disaranakn untuk melakukan secara rutin agar hasilnya maksimal.

Related Posts